September 21, 2020

Macam Motif Batik Lengkap

By eddye

Semua negara di dunia tahu bahwa batik adalah karya seni asli dari Indonesia. Di Mancanegara, seni membatik paling terkenal dengan sebutan “batik Jawa” tetapi sebenarnya banyak dari batik ini berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, mulai dari batik terbaru modern hingga batik Indonesia, tetapi sebagian besar motif ini memiliki gambar bunga batik. Di Indonesia sendiri acara peringatan Batik Nasional diadakan setiap tanggal 2 Oktober, ini salah satu cara negara ini melestarikan kesenian Indonesia yang mencintai seni hasil kreasi pendahulunya.

Tentunya tidak boleh dilewatkan, untuk melestarikan seni menulis ini kita juga menambah pengetahuan tentang berbagai jenis batik modern Indonesia. Di bawah ini saya telah merangkum berbagai jenis batik dari berbagai daerah di Indonesia. Jenis batik apa? Kami mengupasnya dengan hati-hati di bawah ini:

Motif Batik Yogyakarta

Yogyakarta memiliki reputasi yang baik di bidang pariwisata, namun tidak hanya itu saja kesenian Yogyakarta juga mengalami perkembangan yang baik, salah satunya Jogja termasuk dalam pengelolaan kualitas industri batik Indonesia. Provinsi Yogyakarta juga terkenal dengan kostumnya yang senantiasa bernuansa keraton, serta batik asli dari provinsi yogyakarta yang memiliki nama batik keraton. Ciri khas batik keraton sendiri cenderung menggunakan warna putih, coklat dan hitam. Motif batik ini juga hampir selalu menerapkan karakter manusia, binatang yang mengandung filosofi dengan ajaran moral yang tinggi.

Motif Batik Madura

Madura sangat sering menggunakan adat istiadat yang mengandung ciri-ciri ruh sosial makhluk sejenis maupun manusia, hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup lainnya. Dari pengertian tersebut ia digambarkan dalam lukisan batik asli Gentongan Madura. Ciri khas Madura dengan warna dan corak terlihat dari dominasi warna batik seperti kuning, merah, hijau, ungu dan lain-lain. Motif batik dari Madura memang banyak, tetapi terutama dari lingkungan aslinya misalnya tumbuhan, binatang dan kombinasi dengan ciri khas dari batik itu sendiri.

Motif batik pekalongan

Batik Pekalongan sering dibicarakan oleh masyarakat Indonesia. Karena Batik Tujuh Rupa sangat terkenal dengan batik lainnya. Namun bukan berarti motif batik lainnya sederhana, Batik Pekalongan sangat cepat memperkenalkan seninya. Ciri khas dari batik Tujuh Rupa yang satu ini sendiri didaptasi dari akulturasi lokal yang di padupadankan dengan etnis Tionghoa. Secara umum batik Pekalong sangat dekat dengan lingkungan aslinya. Motif batik Pekalongan memiliki berbagai macam variasi, salah satunya adalah batik Jlamprang, batik buketan, batik moonlight, batik semen, batik pisan bali, dan batik lung-lungan.

Motif Batik Tasikmalaya

Batik tasik mempunyai ciri-ciri yang berkaitan dengan alam, misalnya pada batik itu sendiri harus ada gambar rumput, binatang dan segala hal yang berhubungan dengan alam. Untuk warna batik sunda ini memiliki warna karismatik yang kalem, misalnya merah tua, coklat dan warna utama biru.