April 30, 2020

Pola Hidup Sehat Saat Berpuasa

By eddye

Bulan Suci Ramadhan telah tiba, di mana seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa, menahan lapar, dan haus selama kurang lebih 12 jam, selama sebulan penuh. Walaupun begitu, puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tentu jika dijalankan dengan cara yang sehat pula. Pola makan yang berubah selama Bulan Puasa harus disiasati dengan benar agar tubuh tetap sehat dan bugar dalam menjalankan aktivitas di siang hari.

Agar puasa Anda tetap sehat dan bersemangat, ikutin beberapa tips dari Tipandroid berikut ini :

  1. Makan makanan yang mengandung karbohidrat dan serat

Kandungan serat yang tinggi membuat makanan karbohidrat memerlukan proses pencernaan yang cukup lama, sehingga Anda tidak gampang lapar pada saat puasa di siang hari. Oleh karena itu, makanan karbohidrat kompleks yang kaya serat sangat wajib Anda masukkan ke dalam list menu sahur maupun berbuka. Saat siang hari di bulan Ramadhan, biasanya produksi asam lambung akan meningkat sehingga menyebabkan timbulnya rasa sakit dan tidak nyaman pada perut. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat pada malam hari, hal ini dapat menetralkan asam lambung dan mengurangi rasa sakit. (Tipandroid)

  1. Berbuka dengan buah-buahan

Berbuka puasa dengan yang manis memang masih menjadi hal lazim yang melekat pada masyarakat Indonesia. Namun sebenarnya jika mengonsumsi makanan manis yang mengandung kadar gula yang tinggi akan dengan cepat meningkatkan kadar gula darah yang dapat menyebabkan diabetes. Selain itu, makanan manis yang berlebihan juga dapat menurunkan nafsu makan terhadap menu lain, padahal setelah berpuasa tubuhmu membutuhkan asupan nutrisi lain yang bisa kamu dapatkan dari menu makan malam. Jadi, jika Anda terbiasa mengonsumsi makanan manis pada saat buka puasa, usahakan makanan tersebut berasal dari buah-buahan yang manis, seperti kurma atau jus buah yang ditambah sedikit gula. Mudah, kan? Akses tips lainnya di Tipandroid.

  1. Olahraga Kecil Di Malam Hari

Olahraga tidak harus dilakukan dengan waktu yang lama dan beban yang berat. Dapat dilakukan dengan berjalan di malam hari selama minimal 30 menit dapat menjadi pilihan olahraga yang efektif untuk melancarkan sirkulasi darah dan melancarkan proses metabolisme dalam tubuh Anda, sehingga makanan dapat tercerna secara sempurna dan tidak menimbulkan timbunan lemak. Selain itu, Tipandroid menyarankan berjalan di malam hari juga dapat membantu menjernihkan pikiran yang terkuras. Tapi ingat, berikan jeda waktu 1 sampai 2 jam setelah makan malam untuk melakukan aktivitas ini ya. Karena jika dilakukan dalam keadaan setelah makan dapat menyebabkan perih pada lambung. (Tipandroid)